23 Agustus 2008

Mencari Orang Baik

Masih ingatkah Anda tentang akar kemiskinan? Kalau jadi faskel PNPM P2KP pasti langsung jawab: LUNTURNYA NILAI-NILAI LUHUR DI MASYARAKAT. Tapi seiring dengan jalannya waktu kita sendiri kadang susah menerima itu karena di lapangan untuk membuat jawaban itu diterima ternyata tidak semudah mengucapkannya.

Mennghadapi kenyataan siklus yang menggelinding, muncul BKM-BKM baru yang diharapkan menjadi motor penggerak penanggulangan kemiskinan yang mewakili nilai-nilai luhur di masyarakat. Tetapi di lapangan pasti kita jumpai hal-hal yang tidak sesuai. Kadang walaupun kita sebagai fasilitator telah berusaha sekuat tenaga mengawal substansi namun tetap saja ada oknum-oknum di BKM yang tidak mencerminkan hal itu (ini biasanya menjadi rahasia internal fasilitator! hehehehe...). dan karena itulah juga kadang kita jadi merasa putus asa, pesimis dan sinis terhadap substansi P2KP.

Tapi akankah pikiran-pikiran negatif itu kita biarkan? Atau kita singkirkan jauh-jauh sebelum menggerogoti mental dan kinerja kita secara perlahan-lahan? Ini adalah pertanyaan lanjutan dari pertanyaan agen proyek vs agen pemberdaya!

Jawaban tidak ada pada apa atau siapa di luar kita tetapi jawaban ada di diri kita masing-masing. Tetapi yang perlu diingat adalah perbuatan kita adalah hasil dari pola pikir kita. Secara sederhana, pikiran negatif menghasilkan karya yang negatif, pikiran positif menghasilkan karya positif.

Dan tetap ingat, diluar sana masih banyak saudara kita yang berada di bawah garis kemiskinan (Wakakakakakkak....)

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Setuju Mas....